darzta lynch "berbagilah apa yang mereka butuhkan walaupun itu juga penting untukmu

May 4, 2012

RPP Sifat-sifat operasi hitung


                             
                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/semester            : VII/Ganjil
Waktu                         : 2 x 40 menit
Tahun Pelajaran           : 2011/2012
Model Pembelajaran   : STAD (Student Teams Achievement Division)
Guru Pengajar             :
Standar Kompetensi   : Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya     
  dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar       : Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Indikator                     : 1. Menemukan sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada
     bilangan bulat
                                      2. Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi
                                          pada bilangan bulat (pengulangan)











a
B
a+b
b+a

2
3

4
7

-2
-5

8
-6
.…

-8
3

a
B
C
a+(b+c)
(a+b)+c
5
2
3
.…
2
-3
1
5
-2
-1
3
-2
-2
5
2
-3
a
B
C
ax(b+c)
(axb)+(axc)
7
-8
6
5
10
-2
3
-2
-1
5
7
-3
2
-5
-6
A
B
C
ax(b-c)
(axb)-(axc)
3
4
-5
2
5
-4
3
6
-4
1
-7
5
…..
5
-5
3


a
B
a+b
b+a
sifat
Skor
2
3
5
5
Komutatif
5
4
7
11
11
Komutatif
5
-2
-5
-7
-7
Komutatif
5
8
-6
2
2
Komutatif
5
-8
3
-5
-5
Komutatif
5
a
B
C
A+(b+c)
(a+b)+c
Sifat
Skor
5
2
3
10
10
Asosiatif
5
2
-3
1
0
0
Asosiatif
5
5
-2
-1
2
2
Asosiatif
5
3
-2
-2
-1
-1
Asosiatif
5
5
2
-3
4
4
Asosiatif
5
a
B
c
Ax(b+c)
(axb)+(axc)
Sifat
Skor
7
-8
6
-14
-14
Distributif
5
5
10
-2
40
40
Distributif
5
3
-2
-1
-9
-9
Distributif
5
5
7
-3
20
20
Distributif
5
2
-5
-6
-22
-22
Distributif
5
A
B
C
ax(b-c)
(axb)-(axc)
Sifat
Skor
3
4
-5
27
27
Distributif pengurangan
5
2
5
-4
18
18
Distributif pengurangan
5
3
6
-4
30
30
Distributif pengurangan
5
1
-7
5
-12
-12
Distributif pengurangan
5
5
-5
3
-40
-40
Distributif pengurangan
5

NO
JAWABAN
SKOR
1
2
10
2
-11
10
3
7
10
4
-5
10
5
24
10
6
-22
10
7
5
10
8
-60
10
9
-150
10
10
-3
10


I.                   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat
2.      Siswa dapat menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat

II.                Materi Ajar
1.      Sifat-sifat operasi hitung

III.             Karakter yang Diharapkan
1.      Tanggung jawab
2.      Saling Menghormati
3.      tekun
4.      Mandiri

IV.             Sumber/Media Pembelajaran
1.      Buku Paket Matematika Kreatif 1 (Tiga Serangkai)
2.      LKS

V.                Skenario Pembelajaran
A.    Langkah Pembelajaran I (15 menit)
·         Pembukaan (salam)
·         Apersepsi (guru mengingatkan siswa tentang apa itu pecahan dan macam-macam pecahan yang dulu pernah dipelajari di SD).
·         Guru membentuk kelompok siswa, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Yaitu dapat menentukaan pecahan yang senilai dan mengubah bentuk pecahan kebentuk pecahan yang lain.
B.     Langkah Pembelajaran II (20 menit)
Guru menyajikan pelajaran atau materi pokok yang akan dipelajari (Teliti dan menghormati).
Materi :
a.       Sifat-sifat penjumlahan pada bilangan bulat
·         Sifat Komutatif (Pertukaran)
Untuk sembarang bilangan bulat a & b berlaku :
a + b = b + a
Contoh :
2 + 5 dan 5 + 2
Penyelesaian :
2 + 5 = 7
5 + 2 = 7


·         Sifat Asosiatif (Pengelompokan)
Untuk sembarang bilangan bulat a & b berlaku :
 (a + b) + c = a + (b + c)
Contoh :
(-5 + 14) + (-21) dan -5 + {14 + (-21)}
Penyelesaian :
(-5 + 14) + (-21) = 9 + (-21)
                           = -12
-5 + {14 + (-21)} = -5 + (-7)
                          = -12
·         Penjumlahan dengan nol
Untuk sembarang bilangan bulat a & b berlaku :
      a + 0 = a
      Contoh :
      (-7) + 0 = ….
Penyelesaian :
(-7) + 0 = -7
·         Penjumlahan dengan lawannya (Inves)
Untuk sembarang bilangan bulat berlaku :
a+(-a)=-a+a=0
contoh:
3+-3=-3+3=0
b.      Sifat-sifat Pengurangan
Untuk sembarang bilangan bulat berlaku:
·         a – b = a + (-b)
      Contoh :
      18 – (-7) = 18 + (-7)
      Penyelesaian :
      -18 +(7) = -11


c.       Sifat-sifat Perkalian
-          Hasil kali dua bilangan bulat positif menghasilkan bilangan positif.
-          Hasil kali dua bilangan negatif menghasilkan bilangan positif
-          Hasil kali dua bilangan positif dan negatif adalah bilangan negatif
·         Sifat Komutatif (Pertukaran)
a × b = b × a
·         Sifat Asosiatif (Pengelompokan)
(a × b) × c = a × (b × c)
·         Sifat Distributif
a × (b + c) = (a × b) + (a ×c) = ab + ac
d.      Sifat-sifat Pembagian
Untuk setiap a & b bilangan bulat berlaku:
      a:bb:a
contoh:
5:22:5

C.    Langkah Pembelajaran 3 (20 menit)
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota kelompok mengerti (Tanggung jawab). Setelah itu setiap kelompok dipilih secara acak 1 orang untuk mempresentasikan jawaban didepan kelas.( saling menghormati)
D. Langkah Pembelajaran 4 (15 menit)
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis, siwa tidak boleh saling membantu (Mandiri dan teliti). Dan guru memberikan penghargaan atau hadiah untuk siswa yang paling aktif didalam kelas.
E. Langkah Pembelajaran 5 (10 menit)
Dengan bimbingan guru, siswa diharapkan dapat membuat kesimpulan.Guru memberi PR kepada siswa untuk mengerjakan Buku Paket halaman 15.dan disusul dengan penutupan.
VI.             Penilaian Hasil Belajar
Aspek penilaian menyangkut 3 hal, yaitu : Aspek kognitif, aspek psikomotorik, aspek efektif
a.       Aspek Kognitif
Unsur-unsur yang dijadikan penilaian afektif adalah sebagai berikut : mengikuti atau tidak pelajaran matematika, merespon pertanyaan baru, berusaha ikut aktif dalam setiap pembahasan, berusaha mengerjakan tugas, tepat waktu mengumpulkan tugas, berusaha menjawab pertanyaan, ketaatan terhadap tatib kelas ataupun sekolah, hormat kepada guru dan sesama siswa, kerjasama dan empati
b.      Aspek Psikomotorik
Unsur-unsur yang dijadikan penilaian psikomotorik adalah sebagai berikut : pengucapan dan penulisan sesuai kaidah matematika, teknik menyelesaikan persoalan, kecepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan soal
c.       Aspek Kognitif
Hitunglah!
a.       -75 : 5
b.      -36 : (-9)
c.       8 + (3 × 4)
d.      7 × 2 – 3 × 3
e.       6 + 3 (5 – 2)
Penyelesaian:
a.       -75 : 5                    =  -25
b.      -36 : (-9)                =     4
c.       8 + (3 × 4)             =   20
d.      7 × 2 – 3 × 3          =     5
e.       6 + 3 (5 – 2            )           =     15

Mengetahui,                                                                            Madiun, 10 April 2012
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran


Mrs.nina                                                                                   andi
NIP.                                                                                        NIP
TUGAS KELOMPOK
I

II
                                        
III

IV

Dari tabel 1-4 apa yang dapat kalian simpulkan???.Diskusikan dengan kelompokmu!

TUGAS INDIVIDU

1. 3+(-1) dan (-1)+3     =
2. (-5)+14)+(-20)         =
3. -2-(-9)                      =
4. -10-15-(-20)             =
5. -4x(2x(-3))               =
6. 14+(-10)+(-26)         =
7. -15-((-14)-(-6))        =
8. -2x-5x-6                  =         
9. -25x((-11)+9)           =
10. 21:(-7)                  

KUNCI TUGAS KELOMPOK
I

II
                                        
III

IV

PENILAIAN = B X 5




KUNCI TUGAS INDIVIDU

PENILAIAN = B X 10

0 komentar:

Post a Comment